Profil Pelajar Pancasila dirancang untuk menjawab satu pertanyaan besar, yaitu “Pelajar dengan profil (kompetensi) seperti apa yang ingin dihasilkan oleh sistem pendidikan Indonesia?”
“Pelajar Indonesia merupakan pelajar sepanjang hayat yang kompeten, berkarakter, dan berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila.”
“… perlulah anak anak [Taman Siswa] kita dekatkan hidupnya kepada perikehidupan rakyat, agar supaya mereka tidak hanya memiliki ‘pengetahuan’ saja tentang hidup rakyatnya, akan tetapi juga dapat ‘mengalaminya’ sendiri , dan kemudian tidak hidup berpisahan dengan rakyatnya.”
Ki Hadjar Dewantara
Prinsip-prinsip Kunci Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
Manfaat dan Peran Siswa dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
Manfaat
Peran
Tema yang dipilih sebagai Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada fase E kelas X di SMA Budi Mulia diantaranya :
Tema pertama pelaksanaan projek yaitu Gaya Hidup Berkelanjutan, Memahami dampak dari aktivitas manusia, baik jangka pendek maupun panjang, terhadap kelangsungan kehidupan di dunia maupun lingkungan sekitarnya. Dari tema besar ini, tim fasilitasi menentukan tiga topik berkaitan ruang lingkup isu spesifik sebagai projek.
Memahami tentang pelaksanaan projek, Mengenali dan membangun kesadaran peserta didik terhadap isu yang diambil sesuai tema dan topik yang dipilih dan implikasinya terhadap perubahan iklim.
Mengontekstualisasi masalah di lingkungan terdekat dengan cara Pengumpulan, Pengorganisasian, dan Penyajian Data. Kemudian bersama-sama mewujudkan pelajaran yang mereka dapat melalui aksi nyata.
Menggenapi proses dengan berbagi karya, evaluasi dan refleksi, serta menyusun langkah strategis.
Peserta kegiatan Projek penguatan profil pelajar pancasila diikuti oleh seluruh siswa kelas X SMA Budi Mulia dengan jumlah rombel 6 kelas. Pada projek penguatan profil pelajar pancasila dengan tema Gaya Hidup Berkelanjutan diharapkan :