Contact Info

Projek SMA Budi Mulia

  • Fase: E Kelas X
  • Pelaksanaan: Projek ke 1
  • Tema: Gaya Hidup Berkelanjutan
  • Tahun Ajaran: 2021/2022

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

P

Profil Pelajar Pancasila dirancang untuk menjawab satu pertanyaan besar, yaitu “Pelajar dengan profil (kompetensi) seperti apa yang ingin dihasilkan oleh sistem pendidikan Indonesia?”

“Pelajar Indonesia merupakan pelajar sepanjang hayat yang kompeten, berkarakter, dan berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila.”

Perlunya  Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

“… perlulah anak anak [Taman Siswa] kita dekatkan hidupnya kepada perikehidupan rakyat, agar supaya mereka tidak hanya memiliki ‘pengetahuan’ saja tentang hidup rakyatnya, akan tetapi juga dapat ‘mengalaminya’ sendiri , dan kemudian tidak hidup berpisahan dengan rakyatnya.”

Ki Hadjar Dewantara

 

 

Prinsip-prinsip Kunci Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

  • Holistik.
  • Kontekstual.
  • Berpusat Pada Peserta Didik.
  • Eksploratif.

 

Manfaat dan Peran Siswa dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Manfaat

  1. Memperkuat karakter dan mengembangkan kompetensi sebagai warga dunia yang aktif.
  2. Berpartisipasi merencanakan pembelajaran secara aktif dan berkelanjutan.
  3. Mengembangkan keterampilan, sikap, dan pengetahuan yang dibutuhkan dalam mengerjakan projek pada periode waktu tertentu.
  4. Melatih kemampuan pemecahan masalah dalam beragam situasi belajar.
  5. Memperlihatkan tanggung jawab dan kepedulian terhadap isu di sekitar mereka sebagai salah satu bentuk hasil belajar.
  6. Menghargai proses belajar dan bangga dengan hasil pencapaian yang telah diupayakan secara optimal.

Peran

  1. Menjadi pelajar sepanjang hayat yang kompeten dan
  2. Memiliki karakter sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.
  3. Berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran sesuai minat dan kelebihan yang dimiliki.

 

Tema

Tema yang dipilih sebagai Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada fase E kelas X di SMA Budi Mulia diantaranya :

  1. Gaya Hidup Berkelanjutan
  2. Kearifan Lokal
  3. Kewirausahaan

Tema pertama pelaksanaan projek yaitu Gaya Hidup Berkelanjutan, Memahami dampak dari aktivitas manusia, baik jangka pendek maupun panjang, terhadap kelangsungan kehidupan di dunia maupun lingkungan sekitarnya. Dari tema besar ini, tim fasilitasi menentukan tiga topik berkaitan ruang lingkup isu spesifik sebagai projek.

 

 

Tahapan Pelaksanaan Projek ke – 1 Gaya Hidup Berkelanjutan

Service Image

Pengenalan Projek

Memahami tentang pelaksanaan projek, Mengenali dan membangun kesadaran peserta didik terhadap isu yang diambil sesuai tema dan topik yang dipilih dan implikasinya terhadap perubahan iklim.

Service Image

Tahap Observasi dan Aksi Nyata

Mengontekstualisasi masalah di lingkungan terdekat dengan cara Pengumpulan, Pengorganisasian, dan Penyajian Data. Kemudian bersama-sama mewujudkan pelajaran yang mereka dapat melalui aksi nyata.

Service Image

Presentasi dan Evaluasi

Menggenapi proses dengan berbagi karya, evaluasi dan refleksi, serta menyusun langkah strategis.

 

Peserta kegiatan Projek penguatan profil pelajar pancasila diikuti oleh seluruh siswa kelas X SMA Budi Mulia dengan jumlah rombel 6 kelas. Pada projek penguatan profil pelajar pancasila dengan tema Gaya Hidup Berkelanjutan diharapkan :

  • Peserta didik mengembangkan kemampuan berpikir sistem untuk memahami keterkaitan aktivitas manusia  dengan dampak-dampak global yang menjadi akibatnya,  termasuk perubahan iklim.
  • Peserta didik dapat dan membangun kesadaran untuk bersikap dan berperilaku ramah lingkungan serta  mencari jalan keluar untuk masalah lingkungan serta  mempromosikan gaya hidup serta perilaku yang lebih berkelanjutan dalam keseharian.
  • Peserta didik juga mempelajari potensi krisis keberlanjutan yang terjadi di lingkungan sekitarnya (bencana alam akibat perubahan iklim, krisis pangan, krisis air bersih dan lain sebagainya), serta mengembangkan kesiapan untuk menghadapi dan memitigasinya.

 

 

img
img
img
img
img
img
img
img
img
img
img
img
img
img
img
img
img
img
img
img
img